Amankah Menggunakan Talenan Kayu?

talenan kayu aman bagi kesehatanSangat aman! Pertanyaan itu sebenarnya sudah dijawab oleh hasil riset yang dilakukan ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas California, Dean O. Cliver, Ph.D. Dalam laporannya yang dimuat di situs universitas, Dean memaparkan temuan perihal talenan kayu dan plastik. Dean sendiri sudah melakukan penelitian tentang talenan sejak 1994.

Pada awalnya, riset yang dilakukan Dean dimaksudkan untuk mengembangkan disinfektan bagi permukaan talenan kayu sehingga aman dari bakteri semacam Escherichia coli O157:H7 dan salmonela. Ada kemungkinan kedua bakteri ini masih tertinggal di permukaan talenan setelah talenan digunakan untuk daging mentah. Dikhawatirkan, makanan lain yang diracik menggunakan talenan yang sama dan tidak dimasak lagi akan tercemari. Dean menemukan ternyata kedua bakteri itu terserap ke dalam pori-pori talenan kayu. Sementara di talenan plastik yang masih baru, kedua bakteri bertahan di permukaan talenan tetapi dapat dengan mudah dibersihkan dan diberi disinfektan. Selain itu, tak ada perbedaan talenan kayu yang telah lama dipakai sehingga terdapat banyak goresan pisau dan yang baru. Berbeda dengan talenan plastik. Talenan plastik yang sudah banyak goresan tidak mungkin bisa dibersihkan dan didisinfektan secara manual khususnya bila sisa makanan yang terselip di dalam goresan itu semacam lemak ayam. Meskipun bakteri yang masuk ke lubang pori-pori talenan kayu ditemukan masih hidup, mereka tidak berkembang dan akhirnya mati.

Dalam laporannya, Dean menggunakan lebih dari 10 talenan dari jenis kayu keras dan 4 talenan berbahan plastik polymer dan karet keras. Dean menyatakan risetnya bersifat independen. Yang dia kerjakan tidak ada kaitannya dengan produsen talenan atau perkakas rumah tangga lain. Dari hasil penelitian yang dia lakukan, Dean menemukan bahwa makanan yang diracik menggunakan talenan kayu lebih aman. Hasil riset Dean menjadi bukti bahwa talenan kayu aman bagi kesehatan. Tidak demikian dengan talenan plastik.

Catatan:

  1. Perihal laporan riset Dean O. Cliver, Ph.D yang dimuat di situs Universitas California bisa di baca di sini.
  2. Dean O. Cliver, Ph.D juga melakukan studi perihal talenan kayu dan talenan plastik pada 21 Januari 1993. Hasil studi yang berjudul WOOD CUTTING BOARDS, NOT PLASTIC, ARE SAFER FOR FOOD PREP tersebut dimuat dalam News Releases di situs University of Wisconsin-Madison.

telenan

Jual talenan kayu: talenan kayu besar, talenan kayu murah, talenan kayu jati, talenan kayu sonokeling, dan jenis kayu lain. Melayani talenan custom dari kayu besi, jati, dan bangkirai.